Buka Bersama

Di Bulan Ramadan, kita kadang dapat undangan buka bersama atau bukber. Entah dari kawan kantor, teman sekolah, teman kuliah, atau teman main. Itulah yang dialami Jon Koplo. Beberapa hari lalu, melalui grup WhatsApp, Koplo menerima undangan bukber dari teman teman kuliahnya dulu.

Namun, Koplo tak berminat ikut acara tersebut, karena lelaki yang bekerja sebagai karyawan toko itu sungkan datang karena malu. Hampir semua teman kuliahnya kini sudah memiliki istri atau suami, bahkan sudah punya anak.

Sedangkan Koplo, sampai usianya yang sudah berkepala tiga, masih saja sendiri.

“Nanti sore ikut kan, Plo?” tulis Tom Gembus lewat Whats- App. Koplo hanya mem bacanya dan tidak membalasnya.

Gembus adalah teman baik Koplo. Ia juga sudah punya anak dan istri, namun cukup dekat dengan Koplo. Pesan tersebut membuat Koplo semakin tak enak hati jika tak ikut. Namun, ia benarbenar tak berminat berkumpul bersama teman-teman lamanya.

Sore saat teman-temannya berkumpul di sebuah rumah makan, Koplo malah pergi cari buka puasa sendiri.

Koplo menyusuri jalanan kota dengan motornya. Hari sudah mulai gelap, Maghrib tinggal beberapa menit lagi. Koplo tiba-tiba ingat tangki motornya yang hampir kosong. Sebelum kehabisan bensin, ia berhenti di sebuah kios bensin eceran di pinggir jalan.

“Plooo…! Sini ini lhooo!” tiba-tiba terdengar teriakan dari seberang jalan. Koplo membalikkan badan. Alangkah terkejutnya ia. Di depan sebuah rumah makan, beberapa teman kuliahnya melihat ke arahnya dan memanggilnya. “Sini, nyeberang sini… Selak Magrib!” teriak mereka.

“Ooo, buka bersamanya di rumah makan itu ya,” batin Koplo baru menyadari kebodohannya. Ia benar-benar tak kepikiran dengan lokasi buka bersama itu.

Jon Koplo hanya cengarcengir. Setelah membayar bensin, ia tak punya pilihan lain selain ikut bergabung bersama mereka. “Nasib-nasib, akhirnya ikut juga,” gerutunya.

Al-Mahfud
Kayen RT 004/RW 001 Kayen,
Pati

Solopos, 7 Juni 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top