Wedi Kapusan Maneh

Kisah ini terjadi di awal Ramadan tahun ini. Jon Koplo mencoba peruntungan dengan berjualan es buah dan pecel sebagai menu buka puasa. Di hari pertama, semua dagangan yang dijual laris manis. Demikian pula dihari kedua, semua dagangan habis terjual.

Di hari ketiganya, Koplo melipatgandakan modal. Harapannya, agar keuntungan yang didapat jauh lebih banyak mengingat pengalaman hari pertama dan kedua. Dihari ketiga, Koplo membuka lapak lebih awal.

Namun belum juga selesai menggelar lapak, sudah ada seseorang yang menghampiri. “Mas, pesen es kalian pecele selawe wungkus nggih?” katanya.

“Nggih, kula rampungne riyin le nata dagangan,” jawab Koplo mantap. Berikutnya, belum selesai melayani pesanan yang dua puluh lima bungkus tadi, sudah datang lagi beberapa orang yang mau membeli dagangannya. Untungnya, mas-mas yang pesen banyak tadi baik hati, saya diperbolehkan melayani pembeli-pembeli yang lain dulu.

“Mase ngelayani sik dha tumbas liyane riyin mawon, kula mboten kesesa,” ucapnya. “Ananging ngapunten, kula nyambut sepedhane sekedap kagem tumbas pulsa, angsal mboten,” ucapnya lagi. “Sumangga kewawon, Mas”, jawabku sambil sibuk meladeni pembeli.

Sampai akhirnya Koplo selesai melayani pembeli terakhir, Tom Gembus yang notabene adalah tetangga rumah. “Pesenane sinten akeh temen, ameh Magrib kok durung dijupuk?” tanyanya. “Kulo nggih mboten tepang, ning wau nyambut sepeda kula kagem tumbas pulsa”, jawabku polos.

“Gek-gek kapusan Mas, sampeyan?” kata Gembus “Njajal ayo digoleki wonge,” imbuhnya.

Benar saja, setelah dicari di berbagai konter pulsa, orang yang pesan tadi tidak ketemu juga batang hidungnya. Alhasil, pesanan es dan pecel yang berjumlah 25 bungkus tadi tidak jadi ada yang ambil malah sepedanya ilang.

Hari-hari selanjutnya, Koplo memutuskan untuk tidak berjualan lagi. Wedi ndhak kapusan meneh…

Pangki T. Hidayat,
Pedukuhan, RT 035/RW 018,
Pleret, Panjatan, Kulonprogo

Solopos, 11 Juni 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top