Sial Membawa Nikmat

Sial membawa nikmat, itulah yang dialami bakul satai keliling bernama Tom Gembus. Hari Minggu bakda Magrib lalu, seperti biasanya warga Bakalan Solo ini mangkal di depan rumah Jon Koplo yang berlokasi di Mangkubumen. Namun hari itu ia ketiban sial. Jon Koplo yang seorang juragan bandeng sedang kalap mengejar musuh-musuh bebuyutannya, yakni para kucing.

Tentu bagi para kucing, rumah Jon Koplo bagaikan surga karena sumber makanan lezat berada di situ.

Kerumunan kucing baru lari tunggang langgang kalau Koplo sudah ngamuk dengan melempari mereka. Namun, tetap saja ada kucing yang bersembunyi di balik pintu untuk menunggu Koplo terlena.

”Kali ini nggak ada ampun bagi kalian, bandeng-bandengku banyak yang kalian curi,” teriak Koplo sambil melempar botol bekas minuman ke kucing yang sedang berlari ke depan. Namun kucing itu berhasil menghindar dan… Bluk! Botol mengenai tengkuk Tom Gembus yang sedang asyik membakar satai.

“Aduh!” teriaknya spontan sambil terjatuh ke depan dan menyebabkan gerobak satainya ikut terjungkal. Ratusan satai mentah berikut bumbubumbunya
terburai di atas tanah.

“Walah, piye ta iki, kok malah kena Pakdhe Gembus? Tuluuung…!” teriak Jon Koplo panik. Ia tak menyangka kalau ulahnya akan membawa malapetaka bagi orang lain.

”Maaf Pakde, sudah, biaya obat sama satainya saya tukar,” kata Koplo yang meminta agar masalahnya tidak diperpanjang.

Akhirnya dengan berulang kali minta maaf, Jon Koplo menyerahkan uang yang cukup banyak buat biaya berobat dan buat ganti rugi satai Gembus yang tumpah.

“Hehehe… Untung cuma kena tengkuk dan satainya tinggal sedikit, jadi ya masih tunguntung saya,” batin Gembus.

Bono Purbokarno,
Kuncen, RT 001/RW 001,
Samiran, Selo, Boyolali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top