Tiwas Heboh…

Jon Koplo adalah guru honorer salah satu sekolah swasta di Solo yang mencoba melamar jadi pegawai negeri sipil (PNS). Sama seperti masyarakat umumnya yang mendaftarkan diri untuk menjadi PNS, seleksi tahap administrasi dilalui dengan mulus. Namun sayang, tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) Koplo enggak bisa lolos padahal tes karakteristik pribadi (TKB)-nya cuma kurang sedikit lagi dari passing grade yang ditetapkan.

“Duh, jane mung kurang sedikit lagi lo nilai TKP-ku, passing grade-nya 143, nilaiku 141,” sambat Koplo kepada Lady Cempluk, teman sesama guru yang juga gagal tes SKD.

“Ya nggak papa, Pak Jon. Namanya juga belum rezeki, tapi aku lihat berita kalau nggak ada yang lolos nanti diperingkat, berdoa saja Pak,” nasihat Cempluk ngeyem-yemi. Mata Jon Koplo pun yang awalnya sendu jadi berbinar penuh harap karena kesempatan masih bisa datang padanya.

Beberapa hari kemudian setelah jam mengajar semua guru berkumpul di kantor guru, tentu dengan pembahasan yang lagi in saat ini yaitu kelulusan CPNS yang masih sedikit. Karena keasyikan ngobrol, Jon Koplo pun iseng-iseng buka situs website pendaftaran CPNS. Dengan harap harap cemas Koplo mengetikan ID dan password pendaftaran

“Loh, loh, loh… Bu, Bu Cempluk! Sini-a Bu, alhamdulillah sudah pengumuman Bu. Dan saya lolos tes, Bu!” teriak Koplo kegirangan sampai njoget-njogat, membuat satu kantor heboh.

Semua orang langsung mendekat ke meja Koplo sambil penasaran ikutan heboh. “Mosok, Pak? Wah, sik tak liatin punyaku dulu, siapa tahu aku juga lolos,” teriak Tom Gembus penasaran.

“Lo, Pak, kok punyaku belum ada pengumuman ya?” kata Gembus.

Ketika semua temantemannya membuka belum ada pengumuman, Cempluk pun menghampiri komputer Jon Koplo sambil melihat dengan teliti.

“Sik, sik Pak… Lha ini cuman lolos seleksi administrasi gitu kok, bukan lolos seleksi SKD. Nih, dibawah ada administration,” kata Cempluk sambil ngakak. Sontak semua lihat ke arah Koplo sambil tertawa.

“Dhuh, isiiin aku… Tiwas heboh…” kata Jon Koplo dengan muka merona.

Arga Dimas Saputra
(argasaputra76@gmail.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top