SANDAL MODEL BARU

Jon Koplo termasuk salah satu penghuni planet Bumi yang punya jiwa sosial tinggi. Hampir tidak pernah ada kegiatan di kampung yang terlewat dari kehadiran jagoan asal Jogja ini. Apalagi jika acara tersebut ada konsumsinya, hanya sakit yang membuat ia absen.
Seperti yang terjadi malam itu. Selepas Isya, Jon Koplo bergegas mendatangi peringatan seribu hari meninggalnya adik kedua Tom Gembus, sahabatnya yang masih satu dusun.
Setelah berpakaian rapi dan memakai minyak wangi, Koplo berangkat dengan percaya diri. Maklum, sandal yang dipakainya baru dibeli. “Masih kinclong, caah,” batinnya.
Sampai di rumah Tom Gembus, ternyata sudah ramai warga. Jon Koplo segera bersalaman dengan empunya rumah. Beberapa saat kemudian, acara peringatan seribu hari meninggalnya adik kedua Tom Gembus dimulai. Pembacaaan Al Fatihah hingga Yasin pun diperdengarkan dengan sangat khusyuk. Semua larut dalam lantunan ayat-ayat suci.
Selesai acara makan-makan, semua warga bergegas pulang karena hari sudah berangsur larut dan dingin. Begitu juga dengan Jon Koplo.
Tapi ketika mencari sandalnya, Jon Koplo kaget karena hanya menemukan bagian kanannya. Sementara yang bagian kirinya entah ke mana. Ia lantas mengadukan kehilangan itu kepada Tom Gembus.
“Sandal kiriku hilang.” kata Jon Koplo kesal.
“Lho kok sama dengan warga lain, sandal kirinya juga hilang,” sahut Tom Gembus yang disambut kaget Jon Koplo.
“Lho kok bisa?” tanya Jon Koplo heran.
“Mungkin karena buru-buru, sandalnya pakai kiri semua,” jawab Tom Gembus.
Jon Koplo maklum, minimal sandal kirinya tak jadi hilang. Ia berharap besok pagi ada warga yang sadar semalam pakai sandal kiri semua. Dan malam itu ia harus rela pulang ke rumah dengan sandal beda merek dan kanan semua.
Herumawan Prasetyo Adhie (Heru Prasetyo)
Jalan Wonosari KM 9 Dusun Sribit Kidul RT 01/RW 11 Kelurahan Sendang Tirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta 55573.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top