TRAKTIRAN UTANG

Belum lama ini Jon Koplo diterima sebagai seorang CPNS alias calon pegawai negeri sipil. Dia senang bukan kepalang. Dari 5.000 pelamar hanya sekitar 400 orang yang diterima termasuk dia. Untuk itu, ia ingin mengadakan syukuran dengan mengundang teman-teman dekatnya. Siang itu, ia sudah mempersiapkan semuanya termasuk mengambil uang di ATM dan memesan tempat makan. “Plo, selamat ya sekarang sudah punya pekerjaan enak. Hadiahnya, tak bawain adik perempuanku mbak menawa cocok biar enggak jomblo terus,” kata Lady Cempluk, salah satu sahabat Koplo.
Jon Koplo pun malu-malu campur senang sebab dia memang sudah lama menjomblo. Singkat cerita, selesailah acara makan-makan dan ramah tamah itu. Tinggallah Jon Koplo, Lady Cempluk, dan adiknya sebut saja Gendhuk Nicole.
“Mmm Pluk, Nicole biar sama aku aja. Kamu duluan pulang aja, nanti tak anter [saya antar],” pinta Jon Koplo.
Cempluk dan Nicole pun mengangguk setuju. Setelah Nicole berpamitan, tinggallah mereka berdua ngobrol kesana kemari.
“Nic, gimana kalau tak ajak main ke rumah dulu. Ya, itung-itung biar tahu rumahku. Lagian, mbakmu dulu waktu SMA sering banget main ke rumahku,” ajak Jon Koplo.
Setelah mendapat persetujuan Nicole, ia langsung ke kasir untuk membayar terlebih dahulu. Ketika sampai di kasir, Jon Koplo kaget bukan kepalang ketika mendapati dompetnya kosong melompong, tak ada uang, kartu ATM, maupun KTP yang tersisa. Sesaat kemudian, ia mendapat sebuah pesan Whatsapp dari Ibunya.
“Le, ibu belikan dompet baru. Dompetmu sudah kucel, semua isi dompet sudah Ibu pindah, kok malah nggak dibawa ta Le?” demikian pesan teks tersebut.
Kontan, Jon Koplo pun menepuk jidatnya. Akhirnya dengan malu-malu, ia meminta izin kepada kasir untuk terlebih dahulu mengambil uangnya dengan menjelaskan kronologinya.
“Waduh Mas, Mas. Jare keterima CPNS kok makan saja utang,” ledek kasir.
Beruntung, isi bensin dalam motornya masih cukup untuk pulang pergi mengambil dompet barunya. Jika tidak, mungkin Jon Koplo kisinan dobel apalagi ia sedang bersama gebetannya, Gendhuk Nicole.

Rohmah Jimi S. Soco, Slogohimo, Wonogiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top