Lupa Pensiun

Pagi itu, seusai menyeterika seragamnya, Jon Koplo duduk-duduk di bale-bale rumahnya. Dari sana, terlihat warung nasi Yu Lady Cempluk yang masih ramai pembeli.
Nasi pecel buatan Yu Lady Cempluk memang top markotop. Sampai-sampai tadi sebelum menyeterika, Jon Koplo habis dua bungkus. Mesin motor Jon Koplo sudah dipanasi sejak masih petang tadi. Ia takut kalau-kalau bebek 70-annya itu mogok di tengah jalan. Seragam dan sepatunya sudah bersih mencirit.
Setelah dua kali hentakan, motor itu meraung-raung di pagi hari yang masih segar. Sampai-sampai, beberapa pembeli nasi pecel Yu Lady Cempluk menoleh ke arahnya. Mereka tersenyum kepada Jon yang akrab disapa Pak Guru itu.
“Selamat pagi, semuanya,” sapa Jon dengan senyum lebar.
“Pagi, Pak Guru,” balas orang-orang di warung itu.
Jon Koplo menuju sekolah tempat dia mengajar bertahun-tahun. Tom Gembus, petugas satpam sekolah yang baru tugas hari itu, sama sekali tak heran dengan kedatangan Jon Koplo.
Ia memberikan salam ala kadarnya sebagai rasa hormat kepada guru-guru di sekolah itu. Apalagi, ini perjumpaan pertamanya dengan Jon Koplo. Jon Koplo juga membalas salam Tom Gembus dengan senyum lebar. Melewati kantin, Jon Koplo berpapasan dengan Gendhuk Nicole, anak pengelola kantin. Gendhuk Nicole yang saat itu tengah menggoreng tempe terheran-heran melihat kedatangan Pak Guru Jon. Namun, belum sempat ia menegur, emaknya berteriak menyuruhnya mengangkat tempe yang hampir gosong.
“Lo, Pak Guru kok datang ke sini?” tanya seorang murid kepada Jon Koplo.
“Hla iya, ke mana lagi?”
“Bukannya Pak Guru sudah pensiun sejak dua pekan yang lalu?”
Jon Koplo terbelalak. Sebelum liburan dua pekan yang lalu, ia memang purnatugas. Dia lupa sudah pensiun. Merasa sangat malu, Jon Koplo buru-buru pulang. Sampai di depan gerbang, ia bertemu Tom Gembus.
“Wooo… ladalah, baru datang kok sudah pulang,” ucap Tom Gembus sambil geleng-geleng kepala setelah Jon Koplo menyeberang jalan.

Pengirim: Latif Nur Janah Gemolong, Sragen.
latifnurjanah@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top