Ahmad Band

Genduk Nicole suka mesem kalau ingat pengalaman jadi guru di sebuah SMP swasta di Kota Bengawan, 23 tahun silam. Ia mengajar Kerajinan Tangan dan Kesenian (KTK), kalau sekarang SBK atau SBdP.
Di kelas 1B, suatu waktu diadakan ulangan. Nicole membagikan kertas ulangan, soalnya ada 20. Semua esai. Kelas
senyap, Genduk Nicole memang terkenal guru killer. Ia berkeliling kelas, dilihatnya murid-murid serius mengerjakan soal yang dia anggap mudah karena semua sudah diajarkan kepada murid-muridnya. Soal terakhir berupa pertanyaan siapa nama pencipta lagu Syukur.
Selepas berkeliling, Genduk Nicole kembali duduk di bangku guru. Matanya tetap mengawasi murid-murid. Di deretan bangku belakang, ada yang cekikikan. Murid cowok yang terkenal bandel, Tom Gembus, memang hobinya jahil kepada temannya. Biasanya yang jadi korban kejahilan adalah Jon Koplo, murid paling pendiam di kelas.
Jon Koplo tak banyak bertingkah seperti Tom Gembus. Nicole suka sama Jon Koplo karena anak
itu penurut sayangnya kemampuan belajarnya minta ampun. Otaknya pas-pasan banget.
“Jangan berisik!” Nicole mengeluarkan jurus killer-nya. Seketika anak-anak terdiam.
“Gembus.. kamu sudah?” tanya Nicole.
“Sudah, Bu…” Tom Gembus pede banget.
“ Koplo.. sudah?” tanya Nicole kepada Koplo yang tampak tenang.
Koplo mengangguk.
Waktu habis. Lembaran ulangan dikumpulkan. Gembus cs. ketawa namun tak jelas apa yang dikatakan. Yang jelas, dia ketawa dengan wajah mengarah ke Koplo. Nicole melotot lalu menyuruh semua murid diam.
Sampai di rumah, Nicole memeriksa semua kertas jawaban ulangan. Ia senang melihat jawaban murid-muridnya yang banyak benar, terutama pas soal siapa pengarang lagu Syukur. Emang sih ada beberapa murid yang jawab salah. Seharusnya jawabannya
H. Mutahar, ini malah C. Simanjuntak, Kusbini, atau W.R Supratman. Tapi enggak masalah, minimal murid-muridnya tahu nama-nama pengarang lagu wajib dan nasional.
Tetapi Nicole kaget mengetahui jawaban Jon Koplo untuk soal satu itu. Lo… lo…ia ingin marah karena kesal, tapi ingat anak itu. Koplo enggak mungkin sengaja ingin bikin guru marah. Enggak mungkin. Ia pasti dijailin Tom Gembus. Sikapnya mencurigakan di kelas waktu cengar-cengir.
Walau mangkel, Nicole nyengir membaca jawaban Koplo. Siapa pencipta lagu Syukur? Jawaban Koplo adalah… Ahmad Band, band yang saat itu lagi top, vokalisnya bernama Ahmad Dani!

Pengirim: Komala Sutha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top