Kalah Cas Cis Cus

Tom Gembus sangat bangga ketika ditunjuk mendampingi bule yang mengikuti pertukaran mahasiswa di kampusnya.
Kebetulan ada beberapa mahasiswa yang terpilih untuk mendampingi para bule ini, termasuk Tom Gembus. Setiap mahasiswa mendapat jatah mendampingi satu bule.
“Hello, mai nem is Tom Gembus. Ai will bi yor gaed [Hello, my name is Tom Gembus. I will be your guide, halo nama saya Tom Gembus. Saya akan menjadi pendamping Anda],” sapa Tom Gembus dengan logat medhok.
“Hi.. my name is Jon Koplo. Thank you for being my guide [Hai, namaku Jon Koplo. Terima kasih menjadi pendampingku],” jawab bule itu yang ternyata bernama Jon Koplo.
Tom Gembus sering mengajak Jon Moplo jalan-jalan, melihat-lihat pasar, kampung, dan sawah. Tom Gembus semakin bangga saat melihat orang-orang memandangnya dengan kagum.
Siang itu, Tom Gembus mengajak Jon Koplo berbelanja ke sebuah warung sayuran. Anak pemilik warung itu bernama Genduk Nicole. Tom Gembus ini selalu merasa keki kepada Genduk Nicole karena sikapnya yang cuek. Tom Gembus selalu memandang rendah Gendhuk Nicole yang penampilannya biasa sekali. Ah… paling cuma lulusan SMP atau SMA.
“Tom, what is it [Tom, apa ini]?” tanya Jon Koplo yang heran melihat buah nanas.
“Oh… it is a nanas… you know nanas? Ya.. nanas is a fruit like this… [Oh, ini nanas. Kamu tahu nanas? Ya, nanas adalah buah seperti ini],” ujar Tom Gembus kebingungan, tidak menyangka akan mendapat pertanyaan seperti itu.
Dia berusaha menjelaskan semampunya. Dalam hatinya dia mengumpat, ini bule ngapain tanya nanas segala? Aku kan enggak tahu.
“That’s pineapple,” tiba-tiba Genduk Nicole yang ada di situ menyela memberikan jawaban.
“Oh… I see… [Oh, aku tahu],” jawab Jon Koplo yang akhirnya tahu bahwa pineapple adalah nanas
dan dia bisa memegangnya secara langsung.
Kemudian Genduk Nicole sempat mengobrol dengan Jon Koplo menggunakan bahasa Inggris dengan lancar.
Tom Gembus yang sebelumnya bersikap sok-sokan menjjadi kaget.
“Lo… Mbak Nicole kok, tahu, sih? Kok, bisa bahasa Inggris?” tanya Tom Gembus dengan nada sinis.
“Yaelah, Mas… anak TK juga sekarang pada tahu itu. Lagi pula, anakku ini, kan lulusan bahasa Inggris. Malah dia juga jadi guru Bahasa Inggris di SMP,” kali ini ibu Genduk Nicole, Lady Cempluk, yang menjawab.
Mendengar penjelasan Lady Cempluk, Tom Gembus serasa tertampar. Tanpa basa-basi Tom Gembus segera menarik Jon Koplo yang kebingungan dan mengajaknya pergi dari situ.
Pengirim: Fery Yanni Bimbel Gladika
Jl. Cemara, Sidorejo Lor, Salatiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top