BELAJAR MENANAM DENGAN BONEKA HORTA

Kak Rohmah Ermawati
redaksi@koran-o.com
Boneka selalu identik dengan mainan anakanak dan merupakan teman bermain anak-anak. Tetapi boneka yang satu ini selain bisa dijadikan sarana hiburan juga menjadi media belajar tentang tanaman. Hm, boneka apa ya itu? Namanya boneka horta. Apakah kawan-kawan pernah melihat atau mendengar tentang boneka unik ini?
Horta berasal dari kata hortikultura yang artinya seni bercocok tanam. Keunikan boneka horta adalah terletak di rambutnya yang bisa tumbuh memanjang dan bisa kawan-kawan kreasikan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Rambut boneka horta berasal dari biji rumput khusus. Teman-teman bisa lo membuat boneka horta sendiri. Yuk, kita intip caranya seperti dikutip dari dskon.con dan bahan-membuatnya.com, baru baru ini.
SIAPKAN BAHAN BERIKUT:

  • Serbuk gergaji.
  • Kaus stocking atau kain kasa.
  • Bibit rumput.
  • Pupuk.
  • Benang
  • Hiasan untuk memperbagus boneka horta, seperti kancing atau pita warna warni.

 

CARA MEMBUATNYA SEPERTI DI BAWAH INI:

  1. Masukkan bibit rumput ke kaus stocking atau kain kasa dengan posisi sesuka selera, biasanya berbentuk hewan nan lucu semacam panda, kura-kura, gajah dan sebagainya. Oya, supaya hasilnya bagus, mintalah bimbingan dari ayah, ibu atau kakak kawan-kawan.
  2. Tambahkan serbuk gergaji secukupnya, jangan lupa campurkan pupuk dalam serbuk gergaji tersebut.
  3. Ikat bagian-bagian yang ingin dibentuk, misal bagian kepala, tangan dan sebagainya. Kemudian tanam bibit rumput di bagian kepala boneka itu.
  4. Hiasi boneka horta dengan pernik-pernik yang telah disiapkan. Nah sudah jadi kan bonekanya.
  5. Setelah jadi, rendam boneka dalam air satu jam saja dalam kondisi terbalik agar biji rumput yang tertanam dalam boneka ini mendapatkan air yang cukup. Hari berikutnya, kawan kawan harus rajin menyiramnya sehari sekali.

Dalam kurun waktu sepekan, rumput hijau boneka horta akan mulai tampak tumbuh. Kawan-kawan harus rajin merawatnya dan sesekali berikan sinar matahari yang cukup ya. Terlalu banyak sinar matahari juga tidak baik untuk rambut boneka horta. Wah, asyik ya bermain dengan boneka horta.

Tinggalkan Balasan

Back to Top